Logo Bloomberg Technoz

AS Salip China sebagai Pasar Ekspor Utama Korea Selatan

News
01 January 2024 12:45

Ilustrasi ekspor. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor. (Dok: Bloomberg)

Sam Kim dan Hooyeon Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat (AS) melampaui pengiriman ke China untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir pada bulan lalu. Ini menjadi tanda pergeseran hubungan di tengah ketegangan global terkait keamanan ekonomi dan rantai pasokan teknologi.

Kementerian perdagangan mengatakan pada Senin, Korea Selatan menjual barang senilai $11,3 miliar ke AS pada Desember dibandingkan dengan $10,9 miliar ke China. Pergeseran posisi ini terjadi ketika ekspor Korea Selatan secara keseluruhan naik 5,1% dari tahun sebelumnya--kenaikan bulanan ketiga setelah kemerosotan selama setahun.

Perubahan posisi ini sebagian mencerminkan tantangan ekonomi China, yang membuat para pembuat kebijakan membuat serangkaian langkah-langkah stimulus tahun lalu. Namun, data satu bulan tidak memberikan bukti konklusif mengenai pergeseran pola perdagangan yang disadari atau bertahan lama.

China tetap menjadi mitra dagang terbesar Korea Selatan dengan selisih yang besar mengingat besarnya impor Seoul dari negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.