Logo Bloomberg Technoz

Daihatsu Manipulasi Uji Tes Keselamatan selama 30 Tahun

News
28 December 2023 21:50

Mobil Daihatsu. (Sumber: Bloomberg)
Mobil Daihatsu. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Daihatsu, produsen mobil Jepang yang dimiliki oleh Toyota, telah menghentikan produksi dalam negeri setelah mengakui bahwa mereka telah memalsukan hasil tes keselamatan untuk kendaraannya selama lebih dari 30 tahun.

Menurut seorang juru bicara kepada CNN, yang dilansir Kamis (28/12/2023), merek yang terkenal karena memproduksi mobil penumpang kecil ini telah menghentikan produksi di keempat pabriknya di Jepang pada Selasa, termasuk satu pabrik di kantor pusatnya di Osaka.

Perwakilan tersebut menyatakan bahwa penghentian produksi ini akan berlangsung hingga akhir Januari, dan berdampak pada sekitar 9.000 karyawan yang bekerja di bagian produksi dalam negeri.

Langkah ini diambil saat Daihatsu bergulat dengan skandal keselamatan yang semakin dalam yang menurut Toyota "telah mengguncang fondasi perusahaan."

Pekan lalu, Daihatsu mengumumkan bahwa sebuah komite pihak ketiga yang independen telah menemukan bukti-bukti kecurangan dalam pengujian keselamatan pada 64 model kendaraan, termasuk yang dijual dengan merek Toyota.