Logo Bloomberg Technoz

Permohonan berulang cenderung meningkat dalam beberapa bulan terakhir, yang menunjukkan bahwa warga AS yang dipecat oleh atasannya mengalami kesulitan untuk menemukan pekerjaan baru. Data terbaru menunjukkan klaim yang berkelanjutan selama tiga pekan terakhir masih stabil.

Rata-rata pergerakan selama empat pekan untuk klaim pertama, yang membantu memperlancar fluktuasi mingguan dari data mingguan, turun menjadi 212.000. Angka tersebut merupakan level terendah sejak Oktober. Data asuransi pengangguran dapat menimbulkan kehebohan menjelang akhir tahun karena adanya waktu libur.

Data yang tidak disesuaikan dan tidak memperhitungkan musiman menunjukkan klaim pertama turun 9.225 menjadi 239.865. California dan Georgia mencatat penurunan terbesar selama sepekan, sementara Ohio mencatat peningkatan terbesar.

Laporan terpisah menunjukkan Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh pada tingkat tahunan 4,9% pada kuartal ketiga, kurang dari perkiraan sebelumnya yaitu 5,2%. Konsumsi pribadi, yang menyumbang sekitar dua pertiga dari ekonomi, meningkat pada tingkat 3,1%, yang direvisi turun.

Data tersebut juga menunjukkan indikator utama inflasi meningkat pada tingkat tahunan sebesar 2% untuk periode Juli-September, yang terendah sejak akhir 2020. Hal ini memperkuat fokus Bank Sentral AS atau Federal Reserve ke arah outlook suku bunga yang lebih rendah dalam beberapa kuartal mendatang.

(bbn)

No more pages