Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Nyaris US$80, Update Harga BBM Di SPBU RI

Sultan Ibnu Affan
21 December 2023 08:35

Dok. Pertamina
Dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta - Selama dua pekan terakhir, harga minyak dunia terus kembali mengalami kenaikan yang signifikan, sejalan dengan adanya risiko gangguan di Laut Merah yang membayangi pengiriman stok minyak mentah.

Terbukti, serangan pasukan Houthi yang didukung Iran di Yaman terhadap kapal tanker di sana membuat reli harga minyak yang sempat menyentuh di bawah US$70/barel kembali merangkak naik.

Per hari ini, Kamis (21/12/2023), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Februari telah mendekati US$74/barel. Untuk jenis Brent penyelesaian Februari naik 0,6% dibandingkan hari sebelumnya dan berakhir pada US$79,70/barel.

Dalam kaitan itu, kalangan ekonom pun pesimistis harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi berisiko sulit kembali turun pada Januari 2024.

Ekonom/Industry Analyst PT Bank Mandiri Tbk Ahmad Zuhdi Dwi Kusuma mengatakan meningkatnya serangan terhadap kapal-kapal di jalur perdagangan utama Laut Merah membuat sejumlah perusahaan minyak dan gas bumi (migas) menghindari areal itu.