Logo Bloomberg Technoz

Debat Capres 'Panas', IHSG Pagi Ini Loyo Tapi Rupiah Perkasa

Ruisa Khoiriyah
13 December 2023 10:30

Capres berfoto usai debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres berfoto usai debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat perdana tiga calon presiden (capres) dalam kontestasi Pilpres 2024 digelar semalam disaksikan jutaan pasang mata yang menonton dari penjuru Indonesia melalui berbagai media.

Debat antara capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berlangsung cukup dinamis dan 'panas' memantik keriuhan di media sosial sampai pagi ini.

Gelar debat ini menjadi salah satu ajang yang ditunggu dan mungkin akan cukup pivotal mempengaruhi 'selera' dan ketertarikan, terutama di kalangan para pemilih yang belum menentukan pilihan alias pemilih bimbang.

Survei yang digelar Litbang Kompas mencatat, hampir 30% pemilih dalam Pemilu dan Pilpres 2024 masih belum menentukan pilihan (undecided voters). Dengan digelarnya serangkaian debat, total ada lima jadwal debat sebelum hari-H pada 14 Februari nanti, mata publik bisa berkesempatan lebih jauh melihat, menilai dan mengukur kandidat mana yang paling sesuai dengan pilihannya.

Bagi pelaku pasar keuangan, ajang debat ini juga akan memberikan tambahan data dalam memproyeksi peta pemenang Pemilu dan Pilpres 2024 nanti. Akan tetapi, pagi ini terlihat reaksi pasar keuangan cenderung bercampur pasca gelar debat perdana capres digelar.