Logo Bloomberg Technoz

Kartu Prakerja Kata Cak Imin Bikin Orang Tak Produktif

Pramesti Regita Cindy
07 December 2023 19:20

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar blusukan saat kampanye di Petak 9, Glodok, Kamis (30/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar blusukan saat kampanye di Petak 9, Glodok, Kamis (30/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin menyebut akan mengevaluasi ulang program Kartu Prakerja yang dirasa tidak efektif. 

Muhaimin menerangkan bahwa program Kartu Prakerja yang awalnya dirancang untuk memfasilitasi transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, justru malah menghasilkan orang-orang yang tidak produktif. 

"Ide dasarnya adalah transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Sehingga dibutuhkan skill kompetensi sehingga orang bisa terserap dengan baik di industri dan lapangan kerja lainnya" kata Muhaimin ditemui di daerah Cibubur pada Kamis sore (7/12/2023).

"Tapi sayangnya hanya menghasilkan orang nonton YouTube hari ini," ungkapnya.

Ketua Umum PKB ini mengatakan, yang dilakukan harusnya melibatkan kerja sama dengan dunia industri, sehingga anggaran yang dialokasikan dapat lebih efektif membantu pemagangan bagi penerima manfaat Kartu Prakerja. Diketahui program ini salah satu program kartu andalan pemerintahan Presiden Jokowi.