Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani: Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi Bukan Hal Mudah

Dinda Decembria
07 December 2023 10:29

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN KITA. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN KITA. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia terus melanjutkan perjalanannya untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi dan hal ini bukan perjalanan yang mulus dan mudah.

"Tidak ada seorang pun yang menjanjikan bahwa menjadi negara berpenghasilan tinggi itu akan mudah, namun ini adalah sesuatu yang harus terus kita dukung dengan kebijakan dan institusi yang baik," kata dia dalam Annual International Forum of Economic Development and Public Policy (AIFED) di Nusa Dua, Bali, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Menurut dia, tantangan ekonomi global dunia kini tengah dihadapkan pada tantangan techno-nationalism yang mengakibatkan menurunnya kepercayaan dalam suatu hubungan antar negara serta friksi antara kepentingan nasional melawan kepentingan global.

"Kita perlu melihat kembali teori dan textbook yang kita pelajari, dan mencocokannya dengan situasi sekarang, sehingga kita bisa memahami dan mempunyai sudut pandang yang lebih luas terhadap perubahan zaman," kata Sri Mulyani.

Meski begitu, posisi Indonesia berada dalam posisi yang sangat baik dalam geopolitik saat ini. Indonesia memiliki politik internasional yang bebas aktif dengan adanya sumber daya alam yang memainkan peran yang sangat penting dalam tren geopolitik dan geostrategis.