Logo Bloomberg Technoz

Analis Prediksi Potensi Masalah China Dari Perbankan Bayangan

News
04 December 2023 17:30

Penampakan kota besar di China (Bloomberg)
Penampakan kota besar di China (Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Jason Bedford, mantan analis Bridgewater Associates dan UBS Group AG, pernah memprediksi masalah yang bakal menimpa bank-bank regional China empat lalu. Kini ia memberikan peringatan serupa pada industri trust (dana amanah) China yang bernilai US$2,9 triliun atau setara Rp44.950 triliun (asumsi Rp15.500/US$).

Menurutnya, saat ini banyak perusahaan trust China sangat tertekan dan berpotensi menghadapi risiko solvabilitas. Ini adalah alat yang mengukur kemampuan sebuah perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjang meski mereka sudah menjual asetnya.

Informasi saja, Jason Bedford menjadi terkenal setelah memberikan peringatan dini terkait bank-bank kecil di China, usai meneliti hampir 250 laporan keuangan. Kini, dia juga melakukan hal yang sama terhadap perusahaan-perusahaan trust China, yang merupakan bagian dari sektor perbankan bayangan (shadow banking) di China yang dapat menawarkan keuntungan beberapa kali lipat dari deposito bank.

Daftar perusahaan trust China yang berisiko. (Sumber: Bloomberg)

Dari 55 perusahaan trust yang menerbitkan laporan keuangan pada tahun 2022, sebanyak 14 perusahaan melaporkan aset bermasalah dan aset dalam perhatian khusus yang mencapai sepertiga dari total aset mereka. Banyak dari 13 perusahaan yang tidak melaporkan kinerja keuangannya juga bisa mengalami masalah.