Logo Bloomberg Technoz

China Serahkan Penanganan Risiko Keuangan ke Masing-masing Pemda

News
04 December 2023 12:40

Ilustrasi ekonomi China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

Phila Siu - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah China ingin masing-masing provinsi membuat rencana sendiri untuk menangani risiko keuangan. Hal ini dikatakan dalam sebuah laporan sekitar sebulan setelah para pejabat berjanji membentuk mekanisme guna menyelesaikan masalah utang daerah.

Li Yunze, kepala Administrasi Regulasi Keuangan Nasional seperti dikutip Xinhua News Agency, mengatakan China harus melakukan upaya yang lebih besar dalam manajemen risiko keuangan. Namun kebijakan-kebijakan tersebut perlu disesuaikan, menghindari pendekatan yang bersifat universal. Masing-masing provinsi harus merancang kebijakan mereka sendiri tentang bagaimana menangani risiko keuangan.

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini mengalami kesulitan karena pemulihan dari kebijakan pembatasan COVID-19 terbukti lebih lesu dari perkiraan. Ditambah lagi dengan krisis properti yang terus berlanjut. Hal ini memicu pemerintah pusat dan daerah terus memberikan dukungan. Akan tetapi, beberapa ekonom berpendapat utang pemerintah kini terlalu terkonsentrasi di tingkat daerah.

Bendera China (Dok Pixabay)

Mengenai manajemen risiko, akan ada "satu provinsi, satu kebijakan" kata Li dalam artikel tersebut, yang diterbitkan dalam format tanya-jawab.