Logo Bloomberg Technoz

PalmCo Resmi Terbentuk, Diharapkan Jadi Raja Kebun Sawit Dunia

Mis Fransiska Dewi
04 December 2023 13:00

ilustrasi IPO PalmCo. (dok holding-perkebunan.com)
ilustrasi IPO PalmCo. (dok holding-perkebunan.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian BUMN di bawah pimpinan Erick Thohir resmi menggabungkan 13 perusahaan di bawah holding Perkebunan Nusantara PTPN III menjadi dua subholding. Keduanya yakni PalmCo dan SupportingCo.

PTPN V, PTPN VI, dan PTPN XIII melebur ke dalam PTPN IV sebagai survival entity atau entitas hasil merger. Sementara, SupportingCo merupakan entitas hasil merger dari PTPN II, VII, VIII, IX, X, XI, XII, dan XIV ke dalam PTPN I.

"PalmCo diharapkan menjadi perusahaan sawit terbesar di dunia, dari sisi luas lahan, yaitu mencapai 600.000 hektare (ha) lahan pada 2026," ujar Wakil BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam keterangan resmi, dikutip Senin (4/12/2023).

Usai merger, produksi minyak goreng PTPN diperkirakan akan meningkat dari 460.000 ton/tahun di 2021 menjadi 1,8 juta ton/tahun di 2026.

Sedangkan, SupportingCo akan menjadi Perusahaan Pengelola Aset Perkebunan Unggul, yang mencakup kegiatan pemanfaatan aset perkebunan melalui optimalisasi dan divestasi aset, pengelolaan tanaman perkebunan, diversifikasi usaha lainnya, serta green business yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan.