Logo Bloomberg Technoz

Antisipasi Gejolak Ekonomi, Sri Mulyani Siapkan Cadangan Anggaran

Krizia Putri Kinanti
28 February 2023 14:50

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tahun ini pemerintah kembali melakukan penyesuaian anggaran Kementerian dan Lembaga (K/L) guna mewaspadai ketidakpastian ekonomi global dan gejolak geopolitik.

Ia mengatakan, Automatic Adjusment merupakan mekanisme pencadangan anggaran yang diblokir sementara pada pagu belanja Kementerian dan Lembaga tahun anggaran 2023. Tahun ini total anggaran yang mengalami penyesuaian otomatis nilainya mencapai Rp 53 triliun.

Namun kebijakan tersebut bukanlah pemotongan anggaran. Sri Mulyani hanya meminta sebesar 5% dari alokasi anggaran guna menjadi cadangan untuk mengantisipasi ketidakpastian ekonomi tersebut.

"Cadangan itu artinya 95% bapak dan ibu sekalian tetap menggunakan anggaran yang sudah dialokasikan. 5% ini saya bintangin dulu ya, 5% loh pak," ujar Sri Mulyani dalam acara Economic Outlook 2023, Selasa (28/2).

Selain itu, Sri Mulyani mengatakan, pencadangan anggaran 5% tersebut tidak akan mengganggu perekonomian mengingat biasanya belanja kementerian/lembaga sampai akhir tahun tidak mencapai 100%. Untuk itu, anggaran yang bukan menjadi prioritas akan diblokir sementara dulu.