Logo Bloomberg Technoz

China Sebut Penyebab Pneumonia adalah Kombinasi Banyak Patogen

News
26 November 2023 22:00

Anak-anak yang terkena pneumonia di rumah sakit China (Sumber: Bloomberg)
Anak-anak yang terkena pneumonia di rumah sakit China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News - 

Bloomberg, Komisi Kesehatan China mengatakan kombinasi berbagai macam patogen, organisme penyebab gangguan kesehatan, menjadi penyebab lonjakan infeksi saluran pernapasan akut 'pneumonia' di seluruh pelosok negeri itu. Pernyataan itu mengulangi komentar sebelumnya yang bertujuan meredakan kekhawatiran global bahwa virus baru mungkin menjadi sumbernya.

Influenza adalah salah satu penyebab utama lonjakan kasus, kata juru bicara Komisi Kesehatan Nasional Mi Feng pada konferensi pers pada hari Minggu. Rhinovirus, mycoplasma pneumoniae dan virus pernapasan syncytial juga beredar, katanya. Negara ini harus menjamin pasokan obat-obatan dan membuka lebih banyak wilayah untuk perawatan medis, kata Feng.

Wabah penyakit pernapasan telah memberikan dampak yang sangat buruk pada anak-anak dan menyebabkan para orang tua yang cemas terkadang menunggu berjam-jam hingga anak mereka menemui dokter.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok dan Rumah Sakit Anak Beijing mengatakan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Kamis bahwa ada peningkatan kunjungan rawat jalan dan rawat inap, namun sejauh ini sumber penyakit tersebut semuanya berasal dari kuman.

Rinciannya muncul setelah WHO meminta lebih banyak informasi dari Tiongkok mengenai situasi tersebut menyusul laporan tentang pneumonia yang tidak terdiagnosis di rumah sakit anak-anak di Beijing, Liaoning, dan tempat lain. Kelompok tersebut mengatakan bahwa meskipun tingkat penyakit tinggi pada saat ini, bukan hal yang aneh jika musim dingin membawa penyakit pernapasan. Mereka menyarankan masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan dasar untuk mengurangi risiko, dan mengatakan tidak perlu adanya pembatasan perjalanan berdasarkan situasi saat ini.

Para dokter telah memperingatkan selama berminggu-minggu tentang kemungkinan lonjakan kasus “pneumonia berjalan” dan media lokal Tiongkok telah melaporkan peningkatan yang stabil dalam infeksi mikoplasma di antara anak-anak taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Meskipun kuman ini cenderung hanya menyebabkan pilek ringan pada anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, anak-anak yang lebih kecil rentan terkena pneumonia – dengan gejala yang berlangsung selama berminggu-minggu.