Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Beton Naik, Solusi Bangun Indonesia Cetak Laba Rp 877 M

Muhammad Julian Fadli
27 February 2023 13:18

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (Dok. solusibangunindonesia.com)
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (Dok. solusibangunindonesia.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Produsen semen Dynamix, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 877,2 miliar, tumbuh 26,4% secara tahunan. Adapun pertumbuhan juga terjadi pada pencapaian pendapatan dengan membukukan sebesar Rp 12,2 triliun, naik 9,3% secara tahunan.

Lebih lanjut, pendapatan dari segmen penjualan semen tumbuh menjadi Rp 10,9 triliun, naik 1,1%. Selanjutnya, penjualan pada segmen beton jadi mencatatkan Rp 1,17 triliun, naik 42%. Adapun pertumbuhan angka penjualan tertinggi terdapat pada segmen jasa konstruksi lainnya, dengan mencatatkan Rp 90,3 miliar, naik 126% secara tahunan.

SMCB berhasil melanjutkan tren kinerja positif berkat sinergi dengan induk usahanya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) yang mencatatkan penjualan tertinggi mencapai 69% dari total konsolidasian grup. Karena SMGR merupakan distributor tunggal sejak 1 Oktober 2020.

“Kinerja positif ini juga mendapat kontribusi dari penurunan beban bunga sebesar 38% sebagai dampak dari restrukturisasi pinjaman sindikasi dengan melakukan percepatan pembayaran,” tulis Direktur Utama Solusi Bangun Indonesia, Lilik Unggul Raharjo mengatakan dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (27/2/2023).

SMCB juga memiliki potensi pada sisi efisiensi dari fasilitas pinjaman terkait pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Linked Loan, yang mendukung SMCB dalam percepatan inisiatif dekarbonisasi menuju green industry serta memberikan bunga lebih rendah daripada pinjaman konvensional.