Logo Bloomberg Technoz

Paradoks Megaproyek KIPI di Tengah Ketergantungan Batu Bara RI

News
24 November 2023 13:50

Tambang batu bara di Kalimantan. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Tambang batu bara di Kalimantan. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Faris Mokhtar - Bloomberg News

Bloomberg, Di sebuah kawasan hutan lebat di Pulau Kalimantan, sejumlah ekskavator dan surveyor sedang membuka jalan bagi pembangkit listrik tenaga air senilai US$2,6 miliar, yang dibangun khusus untuk memberi daya pada kawasan industri yang luas – sebuah proyek yang dipuji oleh pemerintah Jakarta dan para pendukungnya, sebagai bukti bahwa pertumbuhan ekonomi dapat dicapai dengan biaya karbon yang terbatas.

Namun, kenyataan yang mendukung ambisi rendah emisi tersebut masih ada di awang-awang.

Ketika lapisan gelap muncul dari bawah permukaan tanah, mesin yang mengaduk hutan hujan dan tanah merah Kalimantan menunjukkan alternatif jangka pendek. Selama sebagian besar dekade ini, Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) – seperti lebih dari 100 kawasan industri besar lainnya yang haus energi di seluruh negeri – akan menggunakan batu bara.

Kawasan industri seperti ini adalah tulang punggung kebijakan pembangunan Presiden Joko Widodo, sebagai sebuah upaya menyebarkan pertumbuhan ekonomi ke seluruh nusantara dan memanfaatkan kekayaan mineral Indonesia untuk meningkatkan rantai nilai, menjadi pengolahan logam dan kendaraan listrik.