Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Proyek Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni

Sultan Ibnu Affan
24 November 2023 07:50

Jokowi meresmikan Proyek Tangguh Train 3 di Sorong didampingi jajaran menteri. (Sumber: Dok. YT Setpres)
Jokowi meresmikan Proyek Tangguh Train 3 di Sorong didampingi jajaran menteri. (Sumber: Dok. YT Setpres)

Bloomberg Technoz, Sorong - Presiden Jokowi meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tangguh Train 3, yang merupakan proyek pengembangan kilang gas alam cair atau Liquified Natural Gas (LNG) yang terletak di lapangan gas Tangguh, Teluk Bintuni, Papua Barat.

"Puji syukur alhamdulillah hari ini kita akan resmikan tangguh train 3 penghasil gas bumi terbesar di Indonesia. Proyek tangguh train 3 ini dibangun dengan investasi US$4,83 miliar atau Rp72,45 triliun rupiah,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat (24/11/2023).

Adapun lapangan gas Tangguh sendiri telah beroperasi sejak 2009 melalui dua train kilang LNG dengan kapasitas masing-masing sebesar 3,8 million ton per annum (mtpa).

Dengan diresmikannya train ketiga ini, diharapkan dapat menambah total kapasitas produksi tahunan menjadi 11,4 million ton per annum (mtap), atau 35% dari total produksi LNG nasional.

Selain meresmikan Proyek Tangguh Train 3, pada kesempatan ini juga akan dilakukan pengembangan 3 (tiga) proyek lain di Papua Barat yang masih merupakan bagian dari proyek hulu migas dan turunannya.