Logo Bloomberg Technoz

China Merchants Akan Akuisisi Perusahaan Boy Thohir PORT Rp954 M

Mis Fransiska Dewi
23 November 2023 08:16

Garibaldi Thohir atau Boy Thohir. (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Garibaldi Thohir atau Boy Thohir. (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan asal China, China Merchants Port Company Limited, akan mengakuisisi 51% atau setara 1,43 miliar saham PT Episenta Utama Investasi di PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT). Episenta adalah perusahaan yang dikendalikan oleh Garibaldi Thohir, atau yang dikenal dengan Boy Thohir.

Episenta Utama Investasi sendiri, selain merupakan pemegang saham pengendali PORT, juga merupakan pemegang saham terbesar, dengan porsi kepemilikan 74,06%.

Adapun China Merchants Port Holdings merupakan konglomerasi besar yang berbasis di Hong Kong, dan terlibat dalam berbagai bisnis seperti operasi pelabuhan, transportasi kargo umum dan curah, bisnis peti kemas dan pengiriman, kargo udara, operasional kawasan logistik, dan produk cat.

Sementara, PORT bergerak di bidang kepelabuhan yang berfokus pada pengoperasian terminal peti kemas, penyedia jasa operator, suplai serta modifikasi dan perawatan peralatan pelabuhan

Berdasarkan dokumen resmi dari perusahaan, dikutip Kamis (23/11/2023), nilai transaksi tersebut sebesar US$61,2 juta atau setara sekitar Rp954 miliar.