Logo Bloomberg Technoz

File media seperti foto, video, dan audio rekaman yang tidak digunakan dapat memenuhi memori internal HP. Menghapus file media tersebut adalah langkah terbaik.

3. Memindahkan file ke memori eksternal

Apabila memori internal HP terbatas, Anda dapat menambahkan memori eksternal yaitu dengan memasang kartu microSD atau jenis lain, tergantung kompatibilitas. Memori tambahan ini nantinya bisa menampung file foto dan video yang tidak digunakan dalam jangka pendek.

4. Manfaatkan layanan cloud

Layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive bisa digunakan untuk menyimpan file-file penting. Dengan menyimpan file di cloud, memori internal HP dapat dihemat.

5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Sebagian besar pengguna secara tidak sadar menyimpan aplikasi yang tidak diinginkan pada HP. Padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Ada baiknya bagi pengguna untuk melihat kembali aplikasi yang terunduh pada HP. Kemudian, pengguna dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak lagi digunakan untuk menghemat memori HP.

6. Gunakan aplikasi storage analyzer

Pada Google Play Store terdapat sejumlah aplikasi storage analyzer, yang dapat dimanfaatkan untuk memantau ruang penyimpanan di HP Android. Selain menggunakan aplikasi, Anda juga perlu rutin mengecek ketersediaan storage di pengaturan, supaya jadi tahu file atau aplikasi mana saja yang sebaiknya dihapus.

7. Offload aplikasi

Fitur offload aplikasi dapat digunakan untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan, tetapi tetap menyimpan data dan pengaturannya. Dengan cara ini, pengguna dapat menghemat memori internal HP.

Tips Bersihkan Memori Internal HP iPhone

1. Membersihkan cache aplikasi dan website

Cache aplikasi menyimpan data sementara yang dapat memenuhi memori internal HP. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan cache aplikasi dan website.

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Seperti pada HP Android, pengguna iPhone juga perlu menghapus aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat memori internal.

3. Gunakan iCloud

Layanan iCloud dapat digunakan untuk menyimpan file-file penting. Dengan menyimpan file di iCloud, memori internal HP dapat dihemat.

4. Hapus foto dan video yang tidak diperlukan

File foto dan video yang tidak diperlukan dapat memenuhi memori internal HP. Menghapusnya jadi keutamaan agar performa smartphone atau HP Anda kembali optimal.

5. Gunakan fitur offload aplikasi

Fitur offload aplikasi dapat digunakan untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan, tetapi tetap menyimpan data dan pengaturannya.

6. Hapus pesan dan lampiran

Pesan dan lampiran pada aplikasi pesan seperti iMessage dapat memenuhi memori internal HP. Segera hapus apabila tidak diperlukan.

7. Hapus file unduhan

Hapus file unduhan seperti musik, video, dan podcast yang tidak diperlukan dapat memenuhi memori internal HP.

Tips hemat memori ini dapat digunakan pada HP Android dan iPhone untuk menghemat memori internal dan menghindari penurunan performa HP.

(ros/wep)

No more pages