Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan tidak memaparkan alasan dari penghentian tersebut. Operator pipa minyak Rusia juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Minyak Rusia menyumbang sekitar 10% dari pasokan Polandia. Polandia, di sisi lain, juga telah berulang kali mengatakan rencananya untuk mengakhiri total impor minyak Rusia, tetapi membutuhkan sanksi Eropa untuk dapat membatalkan satu-satunya kontrak yang tersisa dengan pemasok Rusia.

"Hanya 10% bahan mentah yang berasal dari Rusia dan kami akan menggantinya dengan minyak dari arah lain. Ini adalah efek dari diversifikasi yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir," kata Daniel.

Kaki utara pipa Druzhba, yang mengalir ke Jerman dan memasok beberapa kilang di ekonomi terbesar Uni Eropa ini, sampai sekarang digunakan terutama oleh Orlen. Cabang selatan pipa beroperasi secara normal pada Sabtu.

Ketergantungan Jerman dengan minyak Rusia (Sumber: Bloomberg)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi Warsawa dan Kyiv pekan ini dan menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk Ukraina. Dalam pidato yang menandai titik satu tahun invasi, Biden membalas pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan mengatakan ia tidak akan pernah memenangkan perang.

--Dengan asistensi Olga Tanas.

(bbn)

No more pages