Logo Bloomberg Technoz

Pejabat AS juga menekan rekan-rekan China untuk membahas konflik antara Israel dan Hamas dengan Iran, yang secara finansial mendukung kelompok militan yang dikategorikan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Eropa itu.

Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)

Dalam akun Xnya, Biden menyebut pembicaraan tersebut sebagai salah satu “diskusi paling konstruktif dan produktif yang pernah kami lakukan."

Pertemuan yang diatur dengan hati-hati itu berlangsung lebih dari empat jam - yang di dalamnya termasuk santap siang ricotta herbal ravioli, ayam, dan kue meringue almond.

Para pemimpin dari dua ekonomi terbesar di dunia ini tidak berbicara selama setahun di tengah serangkaian kejadian diplomatik dan militer serta persaingan ekonomi yang meningkat.

Kesepakatan dari China untuk memerangi fentanil dinilai oleh para pejabat senior AS sebagai kesepakatan paling penting dari pertemuan tersebut.

Para pejabat itu mengatakan Biden mengatakan kepada Xi bahwa fentanil merupakan salah satu masalah narkoba terburuk yang dihadapi AS. Para pejabat mengatakan mereka akan mengamati apakah China mengikuti janji tersebut.

Langkah untuk melakukan lagi komunikasi militer tingkat tinggi juga menjadi agenda utama. China setuju untuk mengadakan diskusi tingkat kebijakan dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, serta pertemuan operasional di tingkat militer senior, menurut pejabat AS.

Hal ini memulihkan saluran komunikasi yang dihentikan China antara kedua negara tahun lalu.

Militer China (Sumber: Bloomberg)

Sementara China mengatakan kedua negara telah sepakat untuk mengelola perselisihan secara lebih efektif dan mengadakan lebih banyak dialog dan konsultasi untuk menghindari kesalahpahaman.

"Penting bagi mereka untuk menghargai prinsip dan garis merah satu sama lain, dan menahan diri untuk tidak bolak-balik, bersikap provokatif, dan melewati batas," menurut pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri China.

Tentang kecerdasan buatan, kedua belah pihak setuju untuk mengadakan dialog untuk mencegah teknologi baru tersebut digunakan dengan cara yang dapat mengganggu stabilitas keamanan global.

Biden telah menjadikan pengaturan AI sebagai fokus pemerintahannya,  danmenandatangani perintah eksekutif bulan lalu yang menugaskan badan federal untuk menetapkan standar keselamatan dan keamanan dan mewajibkan pengembang untuk melakukan uji keamanan pada model baru sebelum merilisnya ke publik.

Guyon

Tidak semua percakapan itu serius. Biden dan Xi, yang telah mengenal satu sama lain selama bertahun-tahun dan biasa bertemu ketika keduanya menjabat sebagai wakil presiden masing-masing negara, saling bertukar kenangan tentang interaksi mereka sebelumnya.

Joe Biden dan Xi Jinping saat keduanya sama-sama menjabat sebagai Wakil Presiden bertemu di Gedung Putih, 2012 silam (Bloomberg)

Xi sempat bercanda berterima kasih kepada Biden - yang akan merayakan ulang tahunnya pekan depan - yang mengingatkannya bahwa ulang tahun istrinya juga akan datang.

Sebelum pertemuan Biden-Xi, AS dan China merilis pernyataan yang memberi sinyal komitmen baru untuk bekerja sama dalam perubahan iklim, dengan janji untuk membangun fasilitas penangkapan karbon, mengurangi polusi sektor tenaga listrik, dan menargetkan rangkaian lengkap gas rumah kaca.

Mengatasi pemanasan global adalah salah satu dari sedikit area konsensus antara Beijing dan Washington.

Biden meminta Xi untuk berbuat lebih banyak tentang iklim termasuk mengambil langkah-langkah untuk membatasi emisi metana dalam jangka pendek.

(bbn)

No more pages