Logo Bloomberg Technoz

Pasar Smartphone China Bangkit, Didukung Permintaan Huawei-Xiaomi

News
14 November 2023 19:05

Smartphone Huawei Mate 60 Pro (Bloomberg Mercury)
Smartphone Huawei Mate 60 Pro (Bloomberg Mercury)

Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg, Huawei Technologies Co dan Xiaomi Corp memimpin kebangkitan pasar smartphone di China, yang dapat mengatasi masalah kelebihan pasokan dan ekonomi yang lesu untuk mencapai pertumbuhan dua digit pada Oktober.

Menurut data Counterpoint Research, penjualan ponsel di pasar seluler terbesar di dunia itu naik 11% dalam empat minggu pertama bulan lalu dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Huawei meningkat sebesar 83%, sementara Xiaomi yang berbasis di Beijing naik sepertiga. Peluncuran iPhone terbaru Apple Inc mencatatkan debut yang lesu di China tahun ini, dan para pesaing dalam negeri memanfaatkannya dengan meluncurkan berbagai produk baru.

Counterpoint mengatakan, Huawei yang berbasis di Shenzhen menyumbang sebagian besar pertumbuhan dengan seri ponsel baru Mate 60. Produsen elektronik ini memicu perhatian global dan permintaan konsumen setelah memperkenalkan ponsel yang ditenagai oleh chip 5G buatan China yang baru, yang juga ditambahkan ke model lipat yang ditingkatkan dalam Mate X5.

Xiaomi. (dok Bloomberg)

"Yang paling menonjol di bulan Oktober adalah Huawei dengan perubahan haluan pada perangkat seri Mate 60. Pertumbuhannya sangat baik dengan pemasaran peluncuran baru dan liputan media yang kuat seputar chipset 'Made in China'-nya," kata analis Archie Zhang. "Permintaan terus mencapai dua digit dan kami juga melihat efek halo, dengan model lain dari vendor yang berkinerja baik."