Logo Bloomberg Technoz

Analis Sebut Penjualan iPhone di China Buruk, Kalah dari Huawei

News
16 October 2023 18:40

iPhone 15 milik Apple. (Dok: Bloomberg)
iPhone 15 milik Apple. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan iPhone 15 dari Apple Inc. jauh lebih buruk di China dibandingkan seri sebelumnya. Berdasarkan analisis terpisah, hal ini mencerminkan konsumsi yang lemah, serta munculnya pesaing baru seperti Huawei Technologies Co.

Menurut perkiraan peneliti pasar Counterpoint Research, dalam angka yang sebelumnya tidak dilaporkan dan diberikan kepada Bloomberg News, penjualan perangkat andalan Apple tersebut mengalami penurunan sebesar 4,5% dibandingkan dengan iPhone 14 dalam 17 hari pertama setelah peluncuran.

Analis Jefferies yang dipimpin oleh Edison Lee memperkirakan penjualan iPhone 15 mengalami penurunan yang lebih tajam, mencapai dua digit, dibandingkan dengan pendahulunya setelah Huawei berhasil mengalahkan total penjualan Apple. Hal ini didorong oleh kehadiran yang mengesankan dari Mate 60 Pro.

Laporan-laporan ganda ini menandai potensi pukulan bagi Apple saat perusahaan tersebut menghadapi permintaan smartphone yang paling lemah dalam satu dekade dan kontroversi atas model-model yang gampang panas. Jika perkiraan awal tersebut akurat, ini merupakan salah satu debut terburuk iPhone di China sejak sekitar tahun 2018, ketika merek-merek lokal seperti Oppo dan Vivo mulai menarik perhatian konsumen Asia.