Logo Bloomberg Technoz

Babak Baru Pengembangan Baterai EV Dengan LG Energy Solution

Rezha Hadyan
15 February 2023 20:38

Ilustrasi Kendaraan Listrik (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Kendaraan Listrik (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelanjutan rencana pengembangan fasilitas produksi baterai kendaraan listrik electric vehicle (EV) oleh holding BUMN Tambang Mining Industry Indonesia (MIND ID)  bersama perusahaan listrik asal Korea Selatan, LG Energy Solution (LGES) terjawab sudah.

Direktur Utama Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho memastikan kerjasama yang akan melibatkan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) itu akan berlanjut. Kepastian didapatkan setelah perwakilan perusahaan asal Korea Selatan itu mengadakan pertemuan dengan pihak  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 7 Februari 2023.

"Mereka sudah datang lagi untuk memberikan komitmen mengenai konsorsium member-nya," katanya dalam Rapat Panitia Kerja Transisi Energi bersama dengan Komisi VI DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).

Sebagai catatan, IBC merupakan holding BUMN baterai yang sahamnya dimiliki oleh MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pertamina, dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Masing-masing memegang saham sebanyak 25%. Pendirian IBC dimaksudkan sebagai holding pengelola ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Berdasarkan paparan IBC, perubahan konsorsium LGES akan tetap terjadi. Menurut Toto, hal tersebut sudah disampaikan oleh LGES dalam pertemuan dengan Kementerian BUMN.