Logo Bloomberg Technoz

Elisa Facio akan menggantikan Paganini di Kementerian Perindustrian dan Energi. Lacalle Pou membenarkan bahwa Roberto Lafluf, penasihat strategi komunikasinya, telah mengundurkan diri.

Perombakan kabinet terjadi setelah publikasi dari surat kabar lokal Busqueda yang menyatakan bahwa mantan menteri luar negeri Francisco Bustillo berusaha menyembunyikan bukti dari penyelidikan tentang bagaimana terpidana penyelundup narkoba Sebastian Marset memperoleh paspor. 

Bustillo, yang membantah melakukan kesalahan, mengundurkan diri pada hari yang sama ketika seruan tersebut diumumkan.

Krisis politik terdalam di Uruguay selama bertahun-tahun berasal dari keputusan pemerintah untuk mempercepat pembuatan paspor Marset – seorang warga negara Uruguay yang menjalani hukuman karena perdagangan narkoba – yang memungkinkannya meninggalkan Uni Emirat Arab pada akhir tahun 2021. 

Dia ditahan karena bepergian dengan membawa barang palsu, paspor Paraguay. Lacalle Pou dan para menterinya mengatakan mereka bertindak sesuai hukum saat menerbitkan paspor.

Paraguay kemudian mengeluarkan perintah penangkapan internasional terhadap Marset atas tuduhan penyelundupan narkoba dan pencucian uang. Marset, 32, masih buron.

Kasus Marset menambah daftar skandal pemerintahan di negara yang memiliki reputasi tingkat korupsi rendah. Lacalle Pou memecat menteri perumahannya tahun ini karena diduga memberikan rumah kepada loyalis partai dan menerima pengunduran diri menteri pariwisata karena praktik pengadaan yang dipertanyakan. 

Mantan kepala keamanan presiden saat ini menjalani hukuman penjara empat setengah tahun karena kejahatan termasuk perdagangan pengaruh. Uruguay akan mengadakan pemilihan umum pada bulan Oktober tahun depan. Lacalle Pou secara konstitusional dilarang untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua berturut-turut.

(bbn)

No more pages