Logo Bloomberg Technoz

Akses Dijual Hacker, Situs Kemhan Masih Ditutup Sementara

Fransisco Rosarians Enga Geken
03 November 2023 07:30

Ilustrasi hacker. (Photo By DC_Studio via Envato)
Ilustrasi hacker. (Photo By DC_Studio via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pertahanan masih menutup akses masyarakat untuk masuk ke situs kemhan.go.id hingga pagi ini. Anak buah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersebut masih melakukan pemeriksaan keamanan jaringan usai akses internalnya diperjual belikan hacker anonim two2 di BreachForums.

"Portal Kemhan sengaja kami matikan dahulu, offline sementara. Setelah selesai, kami akan segera online-kan kembali agar bisa diakses kembali oleh publik," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Edwin Adrian Sumantha kepada Bloomberg Technoz, Jumat (3/11/2023).
 
Sebelumnya, peretas berkode Two2 mengunggah sejumlah gambar tangkapan layar di BreachForums. Isinya adalah tampilan situs kemhan lengkap dengan data penggunaan yang sudah mencapai 1,64 dari total kapasitas 2 TB.

Selain tampilan muka, hacker tersebut juga menunjukkan sejumlah dokumen yang tersimpan pada situs Kemhan. Beberapa di antaranya adalah surat-surat dan dokumen kementerian. 

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persadha, yang bisa mengakses forum tersebut, menilai seluruh dokumen tersebut tak ada yang tergolong rahasia. 

Selain itu, kata dia, Two2 tidak menjual data yang tersimpan di situs Kemhan. Dia hanya menjual akses untuk masuk ke dashboard kementerian yang membawahi seluruh sistem pertahanan Indonesia; termasuk TNI dan alutsista. Pembeli akses tersebut bisa membongkar dan mendapatkan seluruh data yang tersimpan pada portal tersebut.