Logo Bloomberg Technoz

Tarif Batas Atas Bakal Diubah, Harga Tiket Pesawat Siap Turun

Dovana Hasiana
02 November 2023 14:05

Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membuka peluang menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat di beberapa daerah tertentu, khususnya daerah daya beli masyarakat yang terbatas seperti Indonesia bagian Timur. 

Rencana yang justru bertolak belakang dari usulan industri penerbangan untuk menaikan TBA ini, kata Budi, dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat yang terbatas. Apalagi, saat ini banyak masyarakat di Indonesia bagian Timur yang tidak mampu naik pesawat karena harga yang mahal. 

Menhub Budi juga mengatakan pemerintah harus menggunakan pendekatan menyeluruh untuk melihat dan mempertimbangkan kebijakan dari segala sisi. 

“Pemerintah dengan fiskal yang demikian ini, tidak mudah untuk membuat satu solusi secara directly. Oleh karena itu, kami tetap mengacu atau memperhatikan TBA, tapi mungkin TBA daerah tertentu, tidak semua, bahkan kami akan menurunkan TBA di daerah tertentu juga karena mereka tidak mampu,” ujar Budi saat ditemui usai acara INACA Festival 2023 di Park Hyatt Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023). 

“Jadi kita akan buat disparitas penyesuaian harga pada tujuan tertentu, tapi tujuan tertentu justru sekarang mereka gak mampu. Di Indonesia bagian Timur itu hampir setiap hari saya dapatkan satu catatan bahwa harganya tinggi. Kita prihatin hingga mereka tidak bisa menggunakan pesawat, padahal pesawat itu adalah penting,” lanjutnya.