Logo Bloomberg Technoz

Ikuti The Fed, Hong Kong Tahan Suku Bunga 5,75%

News
02 November 2023 13:35

Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)
Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

Jill Disis - Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas Moneter Hong Kong (Hong Kong Monetary Authority/HKMA) menahan suku bunga dasar sebesar 5,75 persen pada Kamis (2/11/2023). Bank sentral Hong Kong mengikuti langkah Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) yang sebelumnya menahan suku bunga, yang berpotensi mengakhiri siklus pengetatan yang agresif.

Biaya pinjaman Hong Kong telah melonjak dalam dua tahun terakhir karena The Fed menaikkan suku bunga untuk mengatasi inflasi. Suku acuan kota ini bergerak sejalan dengan kebijakan The Fed, karena mata uang lokal dipatok terhadap dolar.

Kini, bank sentral AS mungkin telah selesai menaikkan suku bunga. Gubernur The Fed, Jerome Powell, mengisyaratkan hal tersebut pada Rabu dengan mengatakan kepada wartawan bahwa "perlambatan ini, menurut saya, memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang seberapa banyak lagi yang perlu kita lakukan. Apakah kita perlu berbuat lebih banyak."

HKMA mengatakan akan "memantau dengan cermat" perkembangan pasar dan menjaga stabilitas moneter dan keuangan. Mereka juga memperingatkan bahwa suku bunga antarbank dolar Hong Kong mungkin tetap tinggi untuk beberapa waktu.