Logo Bloomberg Technoz

Pentagon Sebut China Kembangkan Nuklir Buat Tambah Hulu Ledak

News
20 October 2023 17:10

Ilustrasi militer China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi militer China (Sumber: Bloomberg)

Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, China sedang berupaya memodernisasi, dan memperluas persenjataan nuklir dengan meningkatkan hulu ledak nuklir dari 500 unit menjadi lebih dari 1.000 unit. Hal ini diungkapkan oleh Departemen Pertahanan AS atau Pentagon.

Dalam laporan tahunan kepada Kongres mengenai perkembangan militer dan keamanan di China, Departemen Pertahanan mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan China akan melanjutkan upaya ekspansi dan modernisasi senjata hingga tahun 2035 untuk memenuhi tujuan Presiden Xi Jinping dalam mencapai status militer ”kelas dunia" pada tahun 2049.

“China mungkin akan menggunakan reaktor pembiak cepat dan fasilitas pemrosesan ulang untuk memproduksi plutonium untuk program senjata nuklirnya, meskipun secara terbuka menyatakan bahwa teknologi ini dimaksudkan untuk tujuan damai," menurut laporan tersebut.

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon (Sumber: Bloomberg)

Menurut perkiraan AS, China mungkin menyelesaikan pembangunan tiga ladang silo propelan padat baru - dengan total setidaknya 300 silo rudal balistik antarbenua baru - pada tahun 2022, dan telah memasukkan setidaknya beberapa rudal balistik antarbenua ke dalam silo tersebut.