Logo Bloomberg Technoz

Survei BI: Permintaan Pembiayaan Korporasi Meningkat

Krizia Putri Kinanti
20 February 2023 12:05

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur Februari 2023 (Dok. Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur Februari 2023 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan Hasil Survei Permintaan dan Penawaran Perbankan, hasilnya pada Januari 2023 permintaan pembiayaan korporasi tumbuh positif.

Hal tersebut tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 12,1%. Mayoritas pembiayaan terutama bersumber dari dana sendiri, diikuti oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, pinjaman/utang dari perusahaan induk, dan penambahan kredit baru ke perbankan dalam negeri.

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi meningkat pada Januari 2023. Mayoritas rumah tangga mengajukan jenis pembiayaan berupa Kredit Multi Guna dan memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan. Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing.

Survei BI juga menyebut penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Januari 2023 terindikasi lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan jenis penggunaan, penyaluran kredit baru terindikasi menurun pada jenis Kredit Investasi (KI) dan Kredit Modal Kerja (KMK), sementara Kredit Konsumsi (KPR) dan kredit konsumsi lainnya terindikasi tumbuh positif meski melambat dibandingkan bulan sebelumnya.

Faktor utama yang memengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut yaiut permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.