Logo Bloomberg Technoz

Akusisi MU, Jim Ratcliffe Dirumorkan Tekuk Sheikh Jassim

News
13 October 2023 19:30

Manchester United Plc di stadion Old Trafford. (Dok:Anthony Devlin/Bloomberg)
Manchester United Plc di stadion Old Trafford. (Dok:Anthony Devlin/Bloomberg)

David Hellier, Daniele Lepido dan Giles Turner - Bloomberg News

Bloomberg, Milyader asal Inggris, Jim Ratcliffe dirumorkan telah memenangkan perebutan atau akusisi klub sepak bola Inggris, Manchester United Plc dari bankir Qatar, Sheikh Jassim. Menurut sumber yang mengetahui persoalan tersebut, bos perusahaan kimia Ineos Group Holdings SA tersebut telah merevisi tawarannya menjadi lebih menarik bagi pemilik MU saat ini yaitu pengusaha asal Amerika Serikat, Malcolm Irving Glazer.

Menurut sumber yang sama, saat ini tengah terjadi pembicaraan tentang struktur kesepakatan akusisi yang dilakukan antara Ratcliffe, Glazer, dan para penasihat mereka. Kabarnya, Ratcliffe mengajukan penawaran untuk hanya membeli beberapa saham yang dipegang Glazer dan sejumlah investor minoritas MU.

Rencananya, Ratcliffe mungkin akan memulai tahap kepemilikannya dengan menguasai sekitar 25% saham Manchester United. Nilai kesepakatan ini sebesar €5 miliar atau setara dengan Rp95 triliun. Dengan tawaran ini, keluarga Glazer dan pemegang saham minoritas lainnya akan tetap memiliki hak pada klub berjuluk Setan Merah tersebut. Hal ini dianggap lebih menarik dibandingkan rencana penawaran Sheikh Jassim yang akan mengambil seluruh saham MU.