Logo Bloomberg Technoz

Positive List Terbit Pekan Ini, Kemendag Ungkap Nasib Kosmetik

Dovana Hasiana
13 October 2023 17:10

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Tanah Abang Blok A, Kamis (28/9/2023). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Tanah Abang Blok A, Kamis (28/9/2023). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meyakinkan bahwa daftar positif (positive list) akan selesai dalam minggu ini. Daftar tersebut sedang dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga (k/l). 

Namun, Zulhas mengatakan, jumlah barang dalam daftar positif itu tidak akan terlalu banyak. Sebab, daftar positif merupakan daftar barang impor dengan harga di bawah USD100 yang boleh diperdagangkan secara langsung melalui platform dagang-el. Adapun barang tersebut merupakan barang yang tidak diproduksi oleh pelaku usaha lokal. 

“Kalau positive list itu kan tidak banyak, banyakan yang tidak boleh (diimpor secara langsung). Artinya yang lain (yang tidak masuk dalam positive list) silakan pakai jalur impor biasa,” ujar Zulhas saat ditemui di Pasar Tanah Abang Blok A, Jumat (13/10/2023). 

Dikonfirmasi secara terpisah, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim mengatakan hari ini, Jumat (13/10/2023), kementerian/lembaga tengah melakukan rapat untuk membahas daftar positif. Menurutnya, beberapa k/l yang terlibat di antaranya adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pertanian dan sebagainya. 

Daftar positif tersebut ditargetkan terbit pada minggu depan dalam bentuk Keputusan Menteri.