Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir Hadapi Saudi Berebut Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 October 2023 14:20

Presiden Jokowi dan Pengurus PSSI menyaksikan laga Timnas U-23 melawan Turkmenistan di Stadion Manahan Solo. (Dok. PSSI)
Presiden Jokowi dan Pengurus PSSI menyaksikan laga Timnas U-23 melawan Turkmenistan di Stadion Manahan Solo. (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dikabarkan tengah bersaing dengan Arab Saudi memperebutkan status tuan rumah Piala Dunia 2034. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut kabarnya juga menjajaki kesepakatan dengan Malaysia, Singapura, dan Australia untuk menjadi tuan rumah bersama perhelatan sepak bola empat tahunan itu.

Hal ini disampaikan PSSI sambil mengutip sejumlah pemberitaan media luar negeri tentang rencana pengajuan status tuan rumah ke Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA. Salah satunya media sepak bola Jerman, OneFootball yang membuat artikel berjudul, 'Indonesia, Inter: Masih Ingat Thohir? Menantang Arab Saudi Perebutan Piala Dunia 2034.'

"Kami sedang berdiskusi dengan Australia. Ketika saya mengunjungi Malaysia dan Singapura, keduanya menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan Indonesia dan Australia," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari laman PSSI, Kamis (12/10/2023). 

Dalam artikel yang sama, Erick mengatakan, Australia berminat bergabung dengan Indonesia usia berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023. Pada perhelatan itu, negeri kanguru tersebut menggandeng Selandia Baru sebagai tuan rumah bersama.

“Kami cukup kuat. FIFA tahu bahwa Timur Tengah [Qatar] menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun lalu. Saya yakin mereka ingin berubah," kata Erick.