Logo Bloomberg Technoz

Kesenjangan Gaji Perempuan dan laki-laki di Bank Jepang Tinggi

News
12 October 2023 09:05

Ilustrasi pekerja Jepang. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Yuko Takeo dan Taiga Uranaka - Bloomberg News

Bloomberg, Para perempuan yang bekerja di bank-bank ternama di Jepang menerima gaji lebih sedikit dari setengah pendapatan pekerja pria. Sebagai contoh mencolok dari kesenjangan gender yang mendarah daging di negara tersebut.

Meskipun Jepang memiliki tingkat partisipasi pekerja perempuan yang relatif tinggi, banyak posisi yang mereka tempati adalah sebagai pekerja paruh waktu dan memiliki prospek yang kecil untuk mendapatkan gaji atau pengembangan karier yang lebih baik.

Hal tersebut ditegaskan kembali pada hari Senin oleh Claudia Goldin, yang pada hari yang sama memenangkan Nobel Prize di bidang ekonomi atas penelitiannya mengenai faktor-faktor di balik kesenjangan gaji dan pekerjaan antara laki-laki dan perempuan, dalam komentar yang diambil oleh media Jepang.

Pekerja perempuan memperoleh rata-rata 54,9% dari gaji yang diterima pekerja laki-laki di lima bank terbesar dalam indeks benchmark Topix, menurut laporan tahunan terbaru mereka. Angka ini terungkap setelah Jepang mewajibkan pengungkapan kesenjangan upah berdasarkan gender sejak tahun lalu.