Logo Bloomberg Technoz

Samsung merupakan produsen cip terbesar di dunia. Saingannya adalah SK Hynix Inc. dan Micron Technology Inc. yang relatif mengambil porsi pasar lebih kecil. Para pelanggan Samsung, termasuk para produsen komputer pribadi (PC) ataupun smartphone menurunkan angka pemesanan cip.

Secara global memang terjadi pelemahan permintaan perangkat, hingga persediaan cip para produsen elektronik ini melimpah.

Rilis kinerja Samsung keluar tak lama setelah Amerika memberi pengecualian bagi perusahaan idu dan Hyniz untuk membeli peralatan yang dibutuhkan agar bisa mempertahankan dan memperluas operasi pabrik cip milik mereka di China. 

Hal yang sekaligus memudarkan ketidakpastian yang sebelumnya membayangi kedua perusahaan cip terbesar dunia ini sehingga mereka bisa terus beroperasi di arena pembuat cip terbesar dunia dalam jangka panjang.

Samsung kini mencoba meraih keuntungan dari tren tingginya belanja teknologi terkait teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang dipicu oleh pandangan positif investor dan konsumer ketika ChatGPT milik OpeAI diluncurkan tahun lalu. 

Samsung dan Hynix sedang berlomba dalam pengembangan alat untuk melatih AI dan Samsung saat ini ketinggalan dari  perusahaan yang lebih kecil itu yang  juga merupakan pemasok tunggal DRAM generasi berikutnya untuk Nvidia Corp.

Samsung juga berencana untuk menggandakan kapasitas produksi memori bandwidth tinggi yang memiliki kapasitas yang diperlukan dalam mempercepat pelatihan AI pada tahun 2024.

Saham Hynix telah naik hampir 60% pada tahun ini sebelum perdagangan Rabu. Jauh lebih baik dibanding apa yang diraih Samsung dengan kenaikan sebesar 20%.

Perlombaan Samsung dan Hynix dalam produksi memori cip untuk mendukung teknologi AI. (Dok: Bloomberg)

Samsung dan Hynix mengatakan akan mengatasi ketidakpastian ekonomi dengan memangkas produksi chip NAND untuk PC dan ponsel hingga ada peningkatan permintaan. 

Samsung yang merupakan perusahaan terdepan di  industri teknologi karena posisi terdepan mereka di sektor  cip, elektronik, dan ponsel pintar akan membuat laporan pendapatan lebih lengkap bulan ini. Sebelumnya perusahaan ini mengatakan kinerja perjualan akan pulih  di semester kedua tahun ini.l

Perusahaan ini diuntungkan oleh penjualan ponsel lipatnya yang kuat. Sebagai perusahaan dengan produksi smartphone terbesar di dunia ini, Samsung memperkenalkan ponsel model lipat generasi 5—pasar yang belum digarap oleh Apple Inc.

Penjualannya diperkirakan telah mendapat dorongan dari preferensi pengguna smartphone penyuka layar lebih besar. Strategi layar besar dilakukan juga oleh Apple untuk iPhone generasi terbaru mereka yang rilis belum lama ini. Sampai sini diketahui, Apple adalah pelanggan sekaligus pesaing Samsung.

Perusahaan akan melaporkan gambaran yang lebih komprehensif atas pendapatannya akhir bulan ini. Samsung sebelumnya mengatakan dapat memulihkan penjualan pada paruh kedua tahun ini.

Samsung juga berusaha mengejar ketertinggalannya di bisnis foundry dan akan bersaing dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. Penjualan kuartalan  TSMC turun tipis dari yang diperkirakan karena permintaan baru dari para pemain AI.

Investor menelisik ke perusahaan-perusahaan terbesar di industri teknologi untuk mendapatkan petunjuk tentang kapan pesanan cip AI akan terkonversi menjadi penjualan. Meski demikian kenaikan inflasi dan gejolak geopolitik bisa jadi faktor penghambat.

Samsung menjadi pemain sentral dalam sektor memori. Perusahaan membangun kapasitas dengan cepat untuk memenuhi permintaan, efek dari pandemi. Perusahaan berinvestasi dalam jumlah besar selama masa penurunan, membebani Samsung dan pelanggan terbesarnya saat stok masih banyak tersedia.

—Dengan asistensi Youkyung Lee.

(bbn)

No more pages