Logo Bloomberg Technoz

BEI Cetak Rekor IPO Dalam 33 Tahun, IHSG Parkir di 6.897

Muhammad Julian Fadli
06 October 2023 12:10

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan sesi I Jumat (6/10/2023), berhasil parkir di zona hijau dengan kenaikan 22,84 poin atau setara dengan 0,33% ke posisi 6.897.

Bursa Efek Indonesia (BEI) berhasil mencatat rekor dalam pencapaian jumlah perusahaan tercatat yang baru melantai. Sepanjang 2023 hingga September, ada 66 perusahaan yang sudah sukses melantai di BEI. Dengan demikian secara total jumlah emiten yang tercatat di BEI sudah mencapai 890 perusahaan.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Iman Rachman memaparkan, dengan capaian tersebut, BEI merupakan Bursa dengan jumlah pencatatan saham tertinggi di ASEAN dalam 5 tahun terakhir. Secara jumlah perusahaan tercatat, BEI adalah bursa tertinggi ke-2 di ASEAN.

"Dari sisi fund rise, pasar modal kita nomor 7 di dunia sementara di tingkat Asean kita terbesar," ujar Iman.

Adapun sepanjang perdagangan pada sesi I hari ini, IHSG bergerak nyaman di zona hijau dengan rentang perdagangan terjadi pada area level 6.888–6.913.