Logo Bloomberg Technoz

Antam Pastikan Kerja Sama Baterai EV dengan LG Tetap Berlanjut

Rezha Hadyan
08 February 2023 13:41

Ilustrasi pabrik feronikel (dok PT Aneka Tambang Persero)
Ilustrasi pabrik feronikel (dok PT Aneka Tambang Persero)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. alias Antam memastikan kerja sama pengembangan industri baterai kendaraan listrik Indonesia Battery Corporation (IBC) dengan LG Energy Solutions (LGES) masih akan berlanjut seperti kesepakatan awal.

IBC merupakan holding BUMN baterai yang sahamnya dimiliki oleh holding BUMN tambang Mining Industry Indonesia (MIND ID), Antam, PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. 

Masing-masing memegang saham sebanyak 25%. IBC didirikan dengan maksud sebagai holding untuk mengelola ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik atau electric vehicle (EV) yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Corporate Secretary Antam Syarif Faisal Alkadrie menyebut kerja sama dengan LGES masih akan berlanjut. Dalam kaitan itu, ANTM telah menyelesaikan proses pemisahan (spin off) anak usahanya yang akan diikutsertakan dalam proses pengembangan baterai kendaraan listrik.

Proses diskusi lanjutan akan dilaksanakan setelah ada finalisasi komposisi dan bentuk kerja sama dari sisi konsorsium LGES.

Corporate Secretary Antam Syarif Faisal Alkadrie

Sebagai catatan, per 30 September 2022 Antam resmi melalukan pemisahan dua anak usahanya yang menjalankan bisnis nikel, yakni PT Nusa Karya Arindo (NKA) dan PT Sumberdaya Arindo (SDA), dengan nilai Rp9,8 triliun.