Logo Bloomberg Technoz

PLN Raih Pendapatan Rp 455 Triliun Sepanjang 2022

Rezha Hadyan
15 February 2023 20:19

Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)
Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 455 triliun sepanjang 2022 berdasarkan laporan keuangan yang belum diaudit. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasojo dalam Rapat Dengar Pendapat Umum yang digelar di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).

"Di tengah volatilitas kurs dan juga [nilai] ICP [Indonesian Crude Price atau harga minyak mentah Indonesia] yang jauh di atas asumsi makro, PLN mampu meningkatkan kinerja keuangannya pada 2022 ini. Revenue kita mencapai Rp 455 triliun [pada 2022]," katanya.

Pendapatan yang dibukukan oleh perusahaan monopoli penyedia listrik ke masyarakat ini sepanjang 2022 cukup mengejutkan. Selain volatilitas nilai mata uang dan harga minyak mentah, PLN menghadapi tren turunnya permintaan listrik. Sementara kontrak pembelian listrik dengan pembangkit listrik swasta terus berjalan.

Darmawan menjelaskan pencapaian pendapatan PLN tahun lalu tidak terlepas dari peningkatan penjualan listrik. Pihaknya berhasil mengajak perusahaan yang selama ini mengandalkan pembangkit mandiri untuk menggunakan listrik yang dipasok oleh PLN.

Selain itu, penjualan listrik yang mencapai 274 terrawatt hour (TWh) itu juga didukung oleh masifnya penambahan daya. PLN diketahui mengeluarkan program diskon tambah daya di 2022.