Logo Bloomberg Technoz

Lonjakan Turis, Thailand Tambah Terminal di Bandara Suvarnabhumi

News
29 September 2023 14:50

Terminal satelit baru di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok pada 25 September.(Fotografer: Valeria Mongelli/Bloomberg)
Terminal satelit baru di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok pada 25 September.(Fotografer: Valeria Mongelli/Bloomberg)

Bloomberg News -- Anuchit Nguyen

Thailand merencanakan penambahan terminal penumpang ketiga ke bandara terbesarnya, Suvarnabhumi di Bangkok, seiring dengan persiapan menghadapi lonjakan kedatangan wisatawan di bawah program bebas visa bagi pengunjung Tiongkok selama puncak musim liburan.

Airports of Thailand Pcl, yang mengoperasikan bandara internasional Suvarnabhumi di Bangkok, membuka untuk uji coba terminal satelit yang dibangun dengan biaya sekitar 35 miliar baht (US$1 miliar). Maskapai penerbangan termasuk AirAsia X Bhd unit Thailand dan Vietjet Aviation JSC akan beroperasi dari fasilitas tersebut, diperkirakan akan mencapai kapasitas penuh sebesar 15 juta penumpang pada tahun depan.

Penambahan terminal dilakukan karena Thailand memperkirakan akan terjadi lonjakan wisatawan selama musim ramai mulai sekarang hingga akhir Februari untuk industri perjalanan lokal. Perdana Menteri Srettha Thavisin, yang menghadiri peluncuran perdana terminal tersebut mengatakan pemerintahnya mempromosikan pariwisata karena dapat dengan cepat membantu menstimulasi perekonomian negara yang sedang lesu.

“Pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja dan pendapatan bagi masyarakat Thailand dengan cepat,” kata Srettha.