Logo Bloomberg Technoz

Ekonom Sarankan The Fed dan ECB Menahan Kenaikan Bunga Lanjut

News
28 September 2023 19:00

Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)

Zoe Schneeweiss - Bloomberg News - 

Bloomberg, Para pemegang kebijakan di Amerika Serikat dan Zona Euro mungkin telah menaikkan bunga acuan mereka semaksimal mungkin -untuk menjinakkan inflasi- tanpa menimbulkan kerugian yang tidak perlu pada perekonomian mereka, menurut kuartet ekonom perempuan terkemuka.

Namun, para pengambil kebijakan moneter di negara-negara kawasan utama sebaiknya kini memilih sikap bersabar.

Profesor Universitas Chicago Veronica Guerrieri, Kepala Ekonom Societe Generale Michala Marcussen, mantan pejabat Bank Sentral Eropa Lucrezia Reichlin dan mantan pembuat kebijakan Bank of England Silvana Tenreyro menganjurkan “kesabaran” – bahkan jika itu berarti membiarkan adanya serangan inflasi jangka pendek.

“Jika kita mempertimbangkan besarnya guncangan pasokan yang harus diserap oleh perekonomian dan fakta bahwa kebijakan moneter berjalan dengan jeda yang signifikan, pengamatan ini menunjukkan bahwa manfaat dari pengetatan lebih lanjut akan kecil, bila dibandingkan dengan risikonya,” demikian seperti ditulis oleh empat ekonomo tersebut dalam makalah yang diterbitkan Kamis, (28/9/2023). “Hal ini terutama berlaku untuk kawasan euro.”