Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Meroket di Agustus, Toyota Global Cetak Rekor Tertinggi

News
28 September 2023 15:10

Ilustrasi Penjualan Mobil Toyota (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Penjualan Mobil Toyota (Sumber: Bloomberg)

Nicholas Takahashi - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan Toyota Motor Corp. melesat naik 9% pada Agustus dibandingkan dengan tahun sebelumnya ke rekor tertinggi mencapai 923.180 kendaraan, efek peningkatan pasokan dan permintaan yang lebih kuat di pasaran.

Produksi global juga menguat 4% menjadi 924.509 kendaraan, termasuk anak perusahaan Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd., demikian disampaikan oleh perusahaan otomotif besutan Jepang tersebut pada hari Kamis.

Penjualan mobil merek Toyota dan Lexus naik lebih dari 3% di pasar Eropa, terutama di Italia, Spanyol, dan Inggris. Tidak sama dengan Eropa, penjualan di pasar Asia mencatatkan penurunan sebesar 4%, dengan penurunan 6% di China, di mana Toyota dan produsen mobil lainnya seperti Volkswagen AG. menghadapi persaingan sengit dari Tesla Inc. dan produsen mobil listrik China seperti BYD Co.

Lebih lanjut seperti yang diwartakan Bloomberg News, penjualan di Jepang tumbuh mencapai 45% dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada Agustus, dan juga meningkat 63% di Korea Selatan.