Logo Bloomberg Technoz

Tak Hanya di Amerika, 36% Gen Z Indonesia Malas Beli Rumah

News
21 September 2023 12:30

Ilustrasi Gen Z. (Envato/ FlamingoImages)
Ilustrasi Gen Z. (Envato/ FlamingoImages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Survei Jakpat yang berjudul ‘Property Perspective from Gen Z’ mengungkapkan sebanyak 587 dari 1194 responden memilih tidak mau membeli properti. Mereka lebih memilih untuk sewa karena belum siap secara finansial. 

Dari data survei terlihat 36% Gen Z belum siap secara finansial untuk membeli properti. Lalu 22% menganggap dengan sewa rumah harganya lebih murah. 18% lain lokasi lebih strategis dengan menyewa, dan 11% karena aturan mutasi kerja.

Seorang Gen Z bernama Shinta juga mengungkap persoalan gaji adalah masalah utama dirinya tidak ingin membeli rumah. Menurutnya, saat ini harga sewa lebih masuk akal.

“Harga properti tidak masuk akal, UMR saja tidak sampe Rp5 juta ditambah rumah-rumah murah sekarang mahal. Sekalinya ada yang murah memiliki akses jelek dan jauh,” kata Shinta.

“Mending saya nyewa, karena kalau saya KPR selama 50 tahun diitung-itung mengganggu pengeluaran dan makan apa sehari-sehari jadi mending nyewa. Nanti pas tua bisa tinggal di panti jompo premium,” tambahnya.

Ilustrasi penjualan rumah. (Sumber: Bloomberg)