Logo Bloomberg Technoz

Klaim Animo Publik Tinggi, Kemenhub Bakal Tambah Rangkaian LRT

12 September 2023 18:50

Warga menaiki kereta LRT Jabodebek dihari pertama beroperasi di Jakarta, Senin (28/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Warga menaiki kereta LRT Jabodebek dihari pertama beroperasi di Jakarta, Senin (28/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempertimbangkan penambahan rangkaian kereta LRT Jabodebek yang dioperasikan, menyusul peningkatan animo masyarakat. 

“Alhamdulillah LRT Jabodebek hampir selalu ramai, dalam satu hari kita bisa angkut hingga 56.286 penumpang dan kami optimistis angka ini masih akan terus meningkat,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, Selasa (12/9/2023). 

Adapun hingga Jumat (9/9/2023), total penumpang yang dilayani oleh LRT Jabodebek mencapai 471.847 orang.

Selain animo masyarakat yang cukup tinggi, Risal menjelaskan, jumlah rangkaian kereta memungkinkan untuk ditambah menyusul meningkatnya capaian ketepatan waktu (on time performance / OTP). Adapun terkait hal ini, dalam 5 hari terakhir (5 s/d 9 September 2023) capaian OTP LRT Jabodebek sudah mencapai 81,0% dengan rata-rata keterlambatan hanya berkisar 1,9 menit.

Kendati demikian, Risal mengimbau kepada operator untuk betul-betul memastikan kendala yang ada sudah sepenuhnya tertangani dengan baik sebelum jumlah rangkaian kereta yang dioperasikan bertambah. 

Baca Juga