Logo Bloomberg Technoz

SoftBank Siapkan 'Modal Abadi' Rp15,2 T untuk Proyek Truk Otonom

News
08 September 2023 06:40

Uji di jalanan truk swakemudi dengan teknologi otonom milik Stack AV. (Dok: Bloomberg)
Uji di jalanan truk swakemudi dengan teknologi otonom milik Stack AV. (Dok: Bloomberg)

Keith Naughton dan David Welch-Bloomberg News

Bloomberg, Mantan penggagas divisi swakemudi dari Ford Motor Co. dan Volkswagen AG meluncurkan startup truk otonom, dengan mendapat dukungan dari SoftBank Group Corp. mencapai lebih dari US$ 1 miliar (sekitar Rp15,2 triliun).

Perusahaan investasi terkemuka asal Jepang ini diketahui siap berinvestasi US$1 miliar pada startup Stack AV, pimpinan Bryan Salesky, Pete Rander, dan Brett Browning. Ketiga nama merupakan orang yang sebelumnya membantu pengembangan Argo AI, proyek swakemudi Ford dan VW namun telah tutup tahun lalu.

Stack AV bermarkas di Pittsburgh, dan telah memilik 150 orang dalam tim. Tidak sekedar konsep, Stack AV telah memiliki kendaraan uji coba jenis truk dan siap melaju di jalanan, kata Salesky.

Tidak diketahui rincian investasi yang telah disepakati. Stack, melalui Salesky maupun SoftBank menolak berkomentar akan hal tersebut. Namun Matt Smith, salah satu officer pengembangan ekonomi wilayah Pittsburgh, mengatakan bahwa diperkirakan komitmen SoftBank akan mencapai “lebih dari US$1 miliar (sekitar Rp15,2 triliun.”