Logo Bloomberg Technoz

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan beberapa jalan berubah menjadi sungai dan air deras mengalir turun di eskalator stasiun metro bawah tanah.

Menurut aturan bursa saham lokal, perdagangan pagi akan ditunda jika peringatan hujan badai hitam masih berlaku pada pukul 7 pagi. Sesi pagi pasar saham akan dibatalkan jika peringatan masih dinaikkan pada pukul 9 pagi.

Peringatan hujan badai hitam berarti lebih dari 70 mm hujan telah turun dalam satu jam dan kemungkinan akan terus berlanjut. Topografi pulau Hong Kong, dengan jalan dan bangunan yang dibangun di lereng bukit curam, membuat kota ini rentan terhadap banjir dan longsor akibat hujan deras yang biasanya terjadi selama bulan-bulan musim panas.

Lebih dari 600 mm hujan tercatat di sebagian pulau Hong Kong timur dalam 24 jam terakhir, menurut observatorium. Peringatan longsor juga diberlakukan.

Kota ini ditutup pada Jumat dan Sabtu pekan lalu akibat topan super Saola. Badai itu, yang terkuat yang pernah melanda kota sejak Mangkhut pada tahun 2018, yang menjatuhkan pohon-pohon dan memblokir jalan. Ini hanya keenam kalinya dalam empat dekade terakhir observatorium meningkatkan peringatan badai tertingginya.

Badai-badai ini adalah contoh terbaru dari cuaca ekstrem yang dialami di seluruh dunia musim panas ini. Pada akhir Juli dan Agustus, puluhan orang meninggal di wilayah utara China, termasuk Beijing, akibat banjir yang disebabkan oleh topan.

(bbn)

No more pages