Logo Bloomberg Technoz

Putin Ungkap Syarat Agar Kesepakatan Biji-bijian Kembali Berlaku

News
05 September 2023 16:10

Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)
Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)

Selcan Hacaoglu dan Megan Durisin - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tidak akan mengaktifkan kembali kesepakatan ekspor biji-bijian yang didukung oleh PBB kecuali hambatan terhadap ekspor pertanian Rusia dihilangkan. Kesepakatan tersebut berhasil meredakan harga pangan global dengan mengizinkan Ukraina mengirim biji-bijian melalui Laut Hitam.

Komentar tersebut diungkapkan Putin setelah bertemu selama tiga jam dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di kota peristirahatan Sochi di Rusia. Erdogan, yang membantu menengahi inisiatif biji-bijian Laut Hitam pada 2022, berharap dapat menghasilkan kerangka kerja untuk negoasiasi yang akan diajukan pada para pemimpin global dalam KTT G-20 di India akhir pekan ini.

Sebaliknya, kedua pemimpin justru mengkonfirmasi rencana mengirimkan 1 juta ton biji-bijian Rusia lewat Turki ke negara-negara Afrika yang khawatir gangguan tersebut akan meningkatkan harga pangan.

Ilustrasi komoditas gandum (Sumber: Bloomberg)

Volume tersebut hanya sebagian kecil dari total ekspor gandum Rusia, yang diperkirakan akan mencapai 48 juta ton musim ini. Jumlah tersebut juga jauh lebih kecil dibandingkan jumlah pengiriman yang dilakukan Ukraina lewat Laut Hitam sebelum Rusia mundur dari kesepakatan biji-bijian dan menutup koridornya pada Juli.