Logo Bloomberg Technoz

Putin Terbuka Bahas Ekspor Biji-bijian dengan Erdogan

News
04 September 2023 21:00

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Selcan Hacaoglu dan Megan Durisin - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan terbuka untuk membahas ekspor biji-bijian dengan Recep Tayyip Erdogan. Presiden Turki tersebut sedang berupaya menghidupkan kembali kesepakatan yang memungkinkan Ukraina mengirimkan hasil panennya lewat Laut Hitam, dan meredakan kekhawatiran terhadap ketahanan pangan global. 

Erdogan mengunjungi Putin di kota peristirahatan Sochi, Rusia dengan harapan menghasilkan kerangka kerja negosiasi baru yang dapat diajukan ke para pemimpin global dalam KTT G-20 di India akhir pekan ini.

Erdogan memperkirakan perundingan Senin (4/9/2023) ini akan menghasilkan pesan yang "sangat penting" bagi negara-negara Afrika yang khawatir harga biji-bijian dapat kembali naik. Namun, belum jelas apakah pengumuman tersebut akan memperbaiki koridor aman Laut Hitam dari Ukraina, atau rencana terpisah untuk mengirimkan volume yang lebih kecil dari Rusia.

Ketidakpastian mengenai masa depan pasokan dari salah satu eksportir biji-bijian terbesar di dunia ini telah berkontribusi pada volatilitas harga gandum global selama berminggu-minggu. Begitu juga dengan meningkatnya ketegangan di sekitar Laut Hitam.