Logo Bloomberg Technoz

KNKT Ungkap Hal yang Diinvestigasi di Pabrik AHM soal Rangka eSAF

Dovana Hasiana
01 September 2023 17:50

Astra Honda Motor (AHM). (Dok. astra-honda.com)
Astra Honda Motor (AHM). (Dok. astra-honda.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Langkah tim investigasi tim bentukan Kemenhub terkait rangka eSAF salah satunya melakukan pengecekan terhadap produksi sasis di pabrik milik Astra Honda Motor (AHM). Pemeriksaan difokuskan terhadap kesesuaian desain milik AHM dengan proses perakitan di pabrik.

“Akan membandingkan antara desain yang dikirimkan AHM dengan yang dilaksanakan (di pabrik) benar atau engga. Nanti dari situ kita akan kembangkan lebih lanjut," ujar anggota tim penyelidikan dari KNKT, Ahmad Wildan kepada Bloomberg Technoz, Jumat (1/9/2023).

Wildan memastikan trek penyelidikan baru sebatas itu. Dia menolak berspekulasi mengenai kelanjutan poin investigasi, termasuk di dalamnya mengenai apakah rangka eSAF didesain dengan benar oleh Honda, dalam hal ini sisi keselamatan berkendara.

"Itu (dilakukan) kalau ternyata pelaksanaannya di pabrik sudah benar ya,” ujar Wildan.

Kemenhub bersama KNKT diketahui mendatangi pabrik perakitan milik AHM pada hari ini, Jumat (1/9/2023). Usai melakukan pemeriksaan terhadap pabrik, Wildan mengatakan tim juga akan menyambangi kota Tasikmalaya dan Lampung. Tim akan mendatangi dealer motor yang menjual motor dengan rangka eSAF yang patah dan viral tersebut.