Logo Bloomberg Technoz

KNKT Bantah AHM Ikut Investigasi Rangka eSAF: Jadi Penyedia Info

Dovana Hasiana
01 September 2023 16:20

Ilustrasi Honda Beat dengan sasis eSAF. (Dok. AHM Community via astra-honda.com)
Ilustrasi Honda Beat dengan sasis eSAF. (Dok. AHM Community via astra-honda.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Plt Ketua Sub Komite LLAJ Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan membantah keterlibatan PT Astra Honda Motor (AHM) dalam proses investigasi dugaan rangka eSAF yang patah dan korosi. 

Wildan mengatakan AHM memang terlibat dalam tim penelitian yang dibentuk oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Namun, peran dari AHM dalam tim tersebut adalah sebagai fasilitator informasi yang dibutuhkan oleh KNKT dan Kemenhub sebagai investigator. Artinya, investigasi hanya dilakukan oleh KNKT dan Kemenhub.

“Ini perlu diluruskan, masyarakat kadang-kadang suka menghakimi. Sebenarnya yang melakukan penelitian ini Kemenhub dan KNKT. AHM sendiri tidak ikut penelitian, dia hanya fasilitasi dan menyediakan informasi. Masyarakat berkembangnya AHM ikut meneliti. Bukan, ini simpang siur,” ujar Wildan saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (1/9/2023). 

Keterlibatan AHM dalam tim penelitian dinilai penting, kata dia, lantaran AHM merupakan pihak yang memberikan informasi untuk kepentingan investigasi. 

Namun, Wildan menegaskan, pihaknya telah meminta AHM untuk bersikap kooperatif dan terbuka dalam menyediakan dan memfasilitasi informasi yang dibutuhkan oleh tim penelitian. 

AHM sendiri tidak ikut penelitian, dia hanya fasilitasi dan menyediakan informasi

Anggota Tim Penyelidikan Kemenhub dari KNKT, Ahmad Wildan