Logo Bloomberg Technoz

Besok, Kemendag Panggil AHM Bahas Isu Sasis Keropos Honda

Dovana Hasiana
24 August 2023 17:05

Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) akan bertemu dengan PT Astra Honda Motor (AHM) pada Jumat, (25/8/2023). Pertemuan itu dilakukan untuk meminta penjelasan dan tindak lanjut soal dugaan gampang karat dan keropos dari sasis eSAF sepeda motor Honda.

Plt Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang mengatakan pertemuan tersebut akan berlangsung antara Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perdagangan (PPNS Dag) sebagai perwakilan Ditjen PKTN dan tim hukum (legal) dari AHM.

“Besok katanya baru bisa [klarifikasi], nanti bagian legal yang jelasin [dari pihak AHM],” ujar Moga saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (24/8/2023).

Menurut Moga, Ditjen PKTN tidak meminta topik-topik khusus yang harus menjadi bagian dari penjelasan dan klarifikasi AHM. Pertemuan antara kedua belah pihak akan menggunakan mekanisme klarifikasi seperti biasa, tetapi Moga enggan menjelaskan dengan lengkap perihal tersebut.

“Mekanisme klarifikasi seperti biasa. Itu [wewenang] PPNS Dag, tidak boleh dikasih tahu dong, masak dikasih tahu,” ujarnya.