Logo Bloomberg Technoz

Wamen BUMN ke Vendor Waskita (WSKT): Jangan Ada PKPU

Mis Fransiska Dewi
22 August 2023 13:10

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, proses negosiasi terkait utang PT Waskita Karya Tbk (WSKT) terus berlanjut. Negosiasi yang merupakan bagian dari restrukturisasi itu dilakukan bukan hanya kepada pemegang obligasi dan bank, tapi juga kepada para vendor.

Itu yang menyebabkan proses restrukturisasi utang emiten BUMN Karya tersebut memakan waktu. "Karena [pemegang] obligasi cukup banyak," kata Tiko, sapaan akrab Wakil Menteri BUMN Erick Thohir tersebut, Selasa (22/8/2023).

Proses juga semakin panjang karena pihak terkait bersama vendor ingin mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Ini menjadi harapan karena ada beberapa pengajuan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) dari seumlah vendor.

"Dengan vendor, kami juga terus diskusi jangan sampai ada PKPU. PKPU memang ada beberapa, tapi kami ingin ada win-win solution bagi semua pihak," terang Tiko.

Kesepakatan diharapkan bisa tercapai, terlebih juga karena pemerintah akan tetap mendukung WSKT melalui PT Hutama Karya (HK). WSKT ke depan juga akan dikonsolidasikan ke HK dengan skema inbreng, sehingga memungkinkan pembayaran kewajiban WSKT dilakukan melalui HK.