Logo Bloomberg Technoz

Anggota BRICS - Brazil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan - berupaya melakukan lebih banyak perdagangan dalam mata uang mereka sendiri sebagai bagian dari upaya untuk memperoleh pengaruh global yang lebih besar dan menyeimbangkan dominasi AS. New Development Bank yang didirikan oleh BRICS, menargetkan sepertiga dari pinjaman dalam mata uang domestik pada 2026.

Pimpinan negara-negara BRICS (Sumber: Bloomberg)

Direktur keuangan bank itu, Leslie Maasdorp, mengatakan bulan lalu bahwa pengembangan mata uang bersama oleh BRICS untuk menantang dolar adalah ambisi jangka menengah hingga panjang.

KTT BRICS dijadwalkan berlangsung dari 22-24 Agustus di Johannesburg, di mana mereka akan membahas apakah akan menerima lebih banyak negara anggota. Sebanyak 40 kepala negara dan pemerintahan telah mengonfirmasi kehadiran mereka, dan angka tersebut bisa meningkat menjadi sekitar 50, menurut Sooklal.

"Saya rasa ada konsensus umum bahwa BRICS harus berkembang," katanya. "Kami telah menyusun beberapa aturan prosedur dan kriteria."

Dibentuk secara resmi pada 2009-2010, BRICS kesulitan memiliki pengaruh geopolitik. Anggota blok ini mewakili lebih dari 42% populasi dunia dan bertanggung jawab atas 23% produk domestik bruto global dan 18% perdagangan.

Grup BRICS bertujuan untuk mempromosikan kepentingan dunia berkembang dan tidak bersaing dengan blok lain, katanya.

"Ada narasi salah yang dikembangkan bahwa BRICS anti-Barat, bahwa BRICS diciptakan sebagai persaingan untuk G7 atau Global North" dan itu salah, kata Sooklal. "Apa yang kami ingin adalah untuk memajukan agenda Global South dan membangun arsitektur global yang lebih inklusif, representatif, adil, dan setara."

--Dengan asistensi Alister Bull.

(bbn)

No more pages